Pengertian paragraf ekspositori,Bahasa Indonesia

paragraf ekspositori

Paragraf ekspositori memberi tahu pembaca tentang suatu subjek. Ini memberikan informasi. Paragraf ekspositori ditemukan dalam buku-buku yang Anda baca untuk sekolah atau instruksi yang Anda baca ketika mencoba memperbaiki sesuatu di rumah Anda.

Tidak peduli apa pun bentuk paragraf ekspositori, penulis memfokuskan pada penyajian informasi faktual dan bersikap objektif. Jenis paragraf ini biasanya ditulis dari sudut pandang orang ketiga; namun, Anda ingin menggunakan perspektif orang pertama, itu mungkin baik-baik saja; tapi periksa dengan guru Anda terlebih dahulu, atau pertimbangkan alasan mengapa Anda menulis paragraf. Penggunaan orang pertama dapat sedikit mengalihkan perhatian dari subjek yang ada di tangan, dan itu mungkin mengungkapkan bias.

Contoh pertama adalah paragraf yang informatif. Jenis paragraf ini mungkin menjelaskan suatu proses, menggambarkan kategori, atau memberikan definisi panjang tentang sesuatu yang rumit. Contoh paragraf di bawah ini menjelaskan bahwa Kanada adalah negara bilingual.

    Bahasa Inggris adalah bahasa yang digunakan di sebagian besar Kanada, tetapi di Quebec, provinsi yang paling padat penduduknya, dan di daerah dekat Quebec, bahasa Perancis adalah bahasa pertama. Karena itu, Kanada mengakui bahasa Prancis dan Inggris sebagai bahasa resmi yang digunakan dalam bisnis dan pemerintahan. Banyak orang bilingual dan mudah pergi dari Prancis ke Bahasa Inggris dan sebaliknya ketika berbicara dengan turis. Semakin jauh ke barat Anda pergi, semakin banyak bahasa Inggris yang Anda dengar, tetapi umum untuk bertemu orang-orang di seluruh negeri yang akrab dengan kedua bahasa tersebut.

Paragraf ini berfokus pada fakta dan menghindari terdengar menghakimi.



Sebuah paragraf perbandingan-kontras membandingkan dua hal. Perbedaannya bisa besar atau kecil, tergantung pada tujuan penulis. Paragraf berikut ini membandingkan makanan yang diproses dan yang belum diolah, tetapi tidak seperti contoh sebelumnya, ia mengintai posisi:

     Ada banyak keuntungan untuk membeli buah dan sayuran segar sebagai alternatif untuk item makanan olahan populer di toko bahan makanan lokal Anda. Sementara keripik kentang dan donat adalah makanan enak dan beku yang nyaman, kebiasaan menyantap makanan yang disiapkan di pabrik menyebabkan nutrisi yang buruk secara keseluruhan dan dapat menyebabkan kesehatan yang buruk. Efek buruk ini menghasilkan kunjungan yang meningkat ke dokter gigi atau dokter keluarga. Sekantong apel mungkin lebih mahal daripada sekantong Cheetos, tetapi penghematan biaya kesehatan jauh lebih besar daripada tabungan langsung di kasir. Selain itu, pound untuk pon, makanan segar sering kali ternyata lebih murah daripada makanan kemasan. Banyak orang lupa bahwa ketika mereka membeli sesuatu yang dikemas atau dibekukan, mereka juga membeli kemasan yang menarik pembeli untuk membeli produk. Iklan di televisi berhasil meyakinkan konsumen bahwa keputusan untuk membeli makanan kemasan adalah logis, tetapi fakta tentang gizi dan nilai membuktikan sebaliknya.

Paragraf ini ingin Anda menerima gagasan bahwa makanan segar lebih baik daripada makanan olahan, dan daftar beberapa contohnya. Ini bisa dengan mudah menjadi satu paragraf dalam esai.



Sebuah paragraf sebab dan akibat menjelaskan mengapa tindakan satu hal (penyebab) menghasilkan hasil (efek). Dalam contoh ini, orang pertama digunakan. Contoh di bawah ini adalah oleh seorang siswa:

    Jika saya mendengarkan guru-guru saya yang mendorong saya untuk tetap kuliah, saya akan berada dalam posisi keuangan yang jauh lebih baik hari ini. Sebaliknya, ketika saya berusia sembilan belas tahun, saya berhenti kuliah dan berpindah dari satu pekerjaan ke pekerjaan lainnya. Awalnya, saya merasa senang punya uang sementara teman-teman saya yang masih kuliah selalu bangkrut, tetapi segera saya menyadari kesalahan saya. Teman-teman saya yang lulus dengan gelar dalam bidang bisnis dan sains tiba-tiba membuat tiga atau empat kali apa yang saya buat sebagai manajer sebuah toko sepatu. Selain itu, saya mulai merasa pendidikan saya tidak lengkap. Ada yang hilang dari hidupku. Secara bertahap, konsekuensi dari pemikiran jangka pendek saya menjadi nyata; Oleh karena itu, Pada usia dua puluh lima, saya kembali ke perguruan tinggi untuk mengejar gelar dalam administrasi bisnis.